728x90 AdSpace

recentcomments
  • Latest News

    Friday, May 6, 2016

    Cinta Harta

    Saudaraku, salah satu sebab yang membuat hidup ini tidak tentram adalah terpedayanya diri oleh kecintaan pada harta dan dunia. Orang yang terpedaya harta akan senantiasa merasa tidak cukup dengan apa yang dimilikinya. Sehingga ia jadi sangat jauh dari rasa syukur kepada Alloh Sang Maha Pemberi rezeki.

    Orang yang cinta dunia akan selalu ambisius untuk menuruti segala keinginannya, meski harus menggunakan segala cara: licik, bohong, memanipulasi timbangan, dan sebagainya. Ia tidak menyadari sesungguhnya harta hanyalah ujian.

    Alloh Swt. berfirman, “Maka apabila manusia ditimpa bahaya, ia menyeru Kami, kemudian apabila kami berikan kepadanya nikmat dari Kami, ia berkata: ‘Sesungguhnya aku diberi nikmat itu hanyalah karena kepintaranku’. Sebenarnya itu adalah ujian, tapi kebanyakan mereka itu tidak mengetahui” (QS. Az-Zumar [39]:49).

    Ayat ini menunjukkan tentang orang yang tidak tepat dalam menyikapi harta dan dunia yang diberikan kepadanya. Ia mengira bahwa ketentraman hidup ditentukan oleh banyak-tidaknya harta yang ia miliki, besar-kecilnya tempat tinggal, tinggi-rendahnya kedudukan dan pangkat yang disandangnya.

    Padahal ketentraman hidup hanya dapat diraih melalui penyikapan yang benar terhadap harta dan dunia, sekecil dan sebesar apa pun harta yang dimilikinya. Sikap yang demikian dikenal dengan ‘Qonaah’, yaitu merasa cukup dan puas atas harta dan dunia yang sudah dimiliknya.
    http://www.kayahati.com

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Cinta Harta Rating: 5 Reviewed By: -
    Scroll to Top